Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Palembang - Indralaya

Baturisit. Meningkatnya jumlah kendaraan yang semakin hari terutama dikota-kota, maka kemacetan  akan terjadi pada jalan yang dilewati. Untuk itu maka dibeberapa kota berusaha untuk mengatasi kemacetan yang terjadi. Kota Palembang tak lepas juga dari kemacetan, oleh sebab itu maka Pemerintah Kota Palembang berusaha mencari solusi dari kemacetan. 
Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Palembang - Indralaya

Pembangunan jalan tol Trans Sumatera Ruas Palembang - Indralaya merupakan bagian dari proyek infrastruktur pendukung pelaksanaan pesta olah raga negara Asia yaitu Asian Games 2018.
Pembangunan jalan tol ruas Palembang - Indralaya dimulai pada bulan April 2015 yang mana pada saat ini masih dalam pekerjaan. Pelaksanaan jalan tol ruas Palembang - Indralaya dilaksanakan oleh Hutama Karya (HK). 
Kondisi lahan dilokasi pembangunan jalan tol ini didominasi oleh daerah rawa dengan luas lahan yang dibutuhkan 302 Ha. 

Di karenakan pembangunan jalan tol ruas Palembang - Indralaya di daerah rawa, maka teknologi yang dipergunakan adalah dengan menggunakan Vacuum Consolidation Method ( VCM ). Pemakaian terknologi Vacuum Consolidation Method ( VCM ) baru pertama kali di gunakan terutama pada pembangunan jalan tol. Alasan digunakan teknologi ini dikarenakan derah lokasi rawa, dibandingkan menggunakan teknologi biasa yaitu Sistem Drainase Vertikal melalui Perforated Vertical Drain ( PVD ).
Teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM) pada jalan tol palembang-indralaya

Sesuai dengan perhitungan dalam jangka waktu tertentu, pasti akan terjadi penurunan tanah mengingat lokasi daerah rawa. Untuk itu dalam mempercepat penurunan tanah dalam jangka waktu singkat dan cepat padat dipakai teknologi   
Vacuum Consolidation Method ( VCM ). 

Teknologi Vacuum Consolidation Method ( VCM )
Tujuan digunakan teknologi Vacuum Consolidation Method ( VCM ) adalah untuk mempercepat penurunan dan meningkatkan Daya Dukung Tanah asli yang lunak dengan melakukan pemompaan vakum pada tanah, yang dimaksudkan untuk mengurangi kadar air maupun kadar udara sehingga dapat mempercepat penurunan jangka panjang dan perbedaan penurunan.
 Panjang jalan tol palembang - indralaya 22 km

Data Teknis Ruas Jalan Tol Palembang - Indralaya
1. Panjang jalan 22 km
2. Kecepatan Rencana 100 km/jam
3. Lebar Bahu luar 3.00 m
4. Lebar lajur 3.60 m
5. lebar Median 5.50 m (termasuk bahu dalam) 
6. Nilai Rp. 3,4 Trilyun


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Related Posts

No comments:

Post a Comment