Manual Operasi Dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi

Manual Operasi Dan Pemeliharaan ( OP ) Jaringan Irigasi disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan Operasi Dan Pemeliharaan prasarana dan sarana jaringan irigasi sehingga dapat mempertahanakan fungsi layanan jaringan irigasi guna mendukung budidaya pertanian dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan Nasional. Selain itu juga untuk menjamin kelestarian fungsi jaringan irigasi sesuai dengan masa layanan yang di rencanakan.  

Manual Operasi Dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi


Operasi Dan Pemeliharaan jaringan irigasi meliputi Pemeliharaan Rutin dan Pemeliharaan Berkala. 
Penjelasan dari masing-masing pemeliharaan rutin dan berkala sebagai berikut:

1. Pemeliharaan Rutin Bendung
Dalam pemeliharaan rutin bendung ada beberapa item pekerjaan yang harus di persiapkan, antara lain :
a. Penyediaan Minyak Pelumas
1. Minyak pelumas di pintu kantong lumpur dilakukan dengan menggunakan bahan grease sebanyak 15 kg yang dikerjakan setiap 3 kali dalam setahun dengan jumlah tenaga sebanyak 1 orang.
2. Minyak pelumas di pintu Intake dilakukan dengan menggunakan bahan grease sebanyak 15 kg yang dikerjakan setiap 3 kali dalam setahun dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 1 orang.
3. Minyak pelumas di pintu bendung dilakukan dengan menggunakan bahan grease sebanyak 15 kg yang dikerjakan setiap 3 kali dalam setahun dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 1 orang.

b. Penyediaan Bahan Bakar (BBM)
Bahan bakan untuk operasional diesel bendung menggunakan bahan bakar solar. Berapa liter solar yang diperlukan, bahan Accu dan berapa liter Oli SAE 40 yang dibutuhkan dalam setahun harus di perhitungkan. Sebagai contoh: untuk bahan solar sebanyak 300 liter, bahan Accu 5 buah dan Oli SAE 40 sebanyak 50 liter setiap 12 kali dalam setahun.

c. Penyediaan bahan Pengecetan
Pengecetan bendung menggunakan bahan cat tembok dan cat besi, kuas dan tenaga kerja.

d. Pekerjaan Pembersihan sampah bendung dan tebasan rumput dan akar pohon dilokasi bendung. 
Pekerjaan Pembersihan sampah bendung diperlukan tenaga kerja 5 orang setiap 10 hari selama 6 kali dalam setahun. Peralatan yang digunakan yaitu Genset menggunakan bahan bakar premium sebanyak 20 liter dan Oli SAE 40 sebanyak 5 liter setiap 10 hari selama 6 kali dalam setahun.
Pekerjaan tebasan rumput lokasi bendung dibutuhkan 5 orang tenaga kerja setiap 3 hari selama 4 kali dalam setahun. Peralatan yang digunakan yaitu Genset menggunakan bahan bakar premium sebanyak 15 liter dan Oli SAE 40 sebanyak 4 liter setiap 5 hari selama 4 kali dalam setahun.

e.Blanko monitoring yang digunakan dalam kegiatan pemeliharaan rutin bendung sebanyak 12 buah setiap 12 kali dalam setahun.

f.Peralatan Operasi Bendung yang perlu dipersiapkan yaitu kendaraan pick up roda empat, Speedboat, mesin potong dan bangunan ukur (Peilschal).


2. Pemeliharaan Rutin Jaringan
Dalam pemeliharaan rutin jaringan daerah irigasi ada beberapa item pekerjaan yang harus di persiapkan, antara lain :
a) Pekerjaan tebasan rumput dilakukan pada saluran primer dengan lebar tebasan sisi kanan dan sisi kiri masing-masing sebesar 7 m. 
b) Pekerjaan tebasan rumput juga di lakukan pada saluran sekunder dengan lebar tebasan sisi kanan dan sisi kiri masing-masing sebesar 3 m.
c) Pekerjaan tebasan rumput saluran primer dan saluran sekunder Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak orang/hari (berapa panjang saluran primer dan sekunder) 
dengan kemampuan 1 orang dalam sehari adalah sebesar 200 M2. 

3. Pemeliharaan Berkala
Pemeliharaan berkala merupakan kegiatan dan perbaikan yang dilaksanakan secara berkala yang direncanakan dan dilaksanakan oleh dinas yang membidangi Irigasi dan dapat bekerja sama dengan P3A/GP3A/IP3A secara swakelola bedasarkan kemampuan lembaga tersebut dan dapat pula dilaksanakan secara kontraktual. Pelaksanaan pemeliharaan berkala biasanya dilaksanakan secara periodik sesuai kondisi Jaringan Irigasinya. Setiap jenis kegiatan pemeliharaan berkala dapat berbeda-beda periodenya,misalnya setiap tahun,  2 tahun, 3 tahun dan pelaksanaannya disesuaikan dengan jadwal musim tanam serta waktu pengeringan. 

Pemeiharaan berkala dapat dibagi menjadi tiga, yaitu pemeliharaan yang bersifat perawatan, pemeliharaan yang bersifat perbaikan, pemeliharaan yang bersifat penggantian. 

Pekerjaan pemeliharaan berkala meliputi :
1. Pemeliharaan Berkala Yang Bersifat Perawatan
   a. Pengecatan pintu
  b. Pembuangan lumpur di bangunan dan saluran primer pembuang, saluran sekunder pemberi dan saluran tersier.

2. Pemeliharaan Berkala Yang Bersifat Perbaikan
   a. Perbaikan Bendung, Bangunan Pengambilan dan Bangunan Pengatur.
   b. Perbaikan Bangunan Ukur dan kelengkapannya.
   c. Perbaikan Saluran.
   d. Perbaikan Pintu­pintu dan Balok sekat
   e. Perbaikan Jalan Inspeksi
  f. Perbaikan fasilitas pendukung seperti kantor, rumah dinas, rumah PPA dan PPB, kendaraan dan peralatan

3. Pemeliharaan Berkala Yang Bersifat Penggantian
    a. Penggantian Pintu
    b. Penggantian alat ukur
    c. Penggantian peil schall

Rencana Pemeliharaan Jangka 5 (Lima) Tahun
Sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri PUPR No. 23/PRT/M/2015 tentang Pedoman Pengelolaan Aset Irigasi, guna melestarikan kondisi dan fungsi jaringan irigasi, rencana pengelolaan aset irigasi perlu disusun untuk jangka waktu perencanaan 5 (lima) tahun dan ditetapkan 5 (lima) tahun sekali yang untuk jaringan irigasi meliputi antara lain :
a. Rencana Pengamanan
b. Rencana Pemeliharaan
c. Rencana Rehabilitasi
d. Rencana Peningkatan
e. Rencana Pembaharuan

Demikianlah penjelasalan tentang Manual Operasi Dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi. Semoga bermanfaat. Terimah kasih.

Related Posts

No comments:

Post a Comment