Pemilihan metoda pemasangan jembatan rangka merupakan suatu langka pertama yang perlu diperhatikan dengan serius dan telitih, karena ini menyangkut kelangsungan lancarnya roda pelaksanaan pemasangan rangka jembatan, apakah pemasangan tersebut ccocok dengan sistem yang telah di pilih disesuaikan dengan keadaan alam pada lokasi proyek tersebut.
Pada umumnya metoda pemasangan jembatan rangka baja terdiri dari :
1.Metoda pemasangan perancah penuh
2.Metoda pemasangan Cantilever
3.Metoda pemasangan Semi Cantilever (gabungan perancah dan Cantilever)
4.Metoda pemasangan Peluncuran
2.Metoda pemasangan Cantilever
3.Metoda pemasangan Semi Cantilever (gabungan perancah dan Cantilever)
4.Metoda pemasangan Peluncuran
Dalam pemilihan metoda pemasangan seperti pemasangan dengan perancah penuh, cantilever, semi cantilever dan peluncuran, tentunya perlu melihat beberapa alternatif dari kondisi sungai dimana akan dibangun jembatan rangka tersebut.
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan pada waktu menentukan cara pemasangan jembatan rangka, yaitu :
1. Kondisi sungai dimana akan dibangun jembatan, data yang harus dikumpulkan yaitu lebar sungai, aliran sungai berarus deras, kedalam sungai, apakah sungai mengandung batu karang, berpasir, berlumpur dan sebagainya.
2. Akses jalan atau daerah menuju sekitar jembatan, lurus, rata, berkelok, miring, tingi, rendah, berada dalam galian, apakah diatas suatu tumbunan dan sebagainya.
3. Tenaga kerja, peralatan dan sumber-sumber setempat dalam daerah yang bersangkutan apah tersediah.
4. Akses untuk mencapai ke lokasi dimana akan dibangun jembatan untuk pengangkutan material, bahan dan peralatan, apakah ditempuh lewat darat, sungai atau udara.
Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan pada waktu menentukan cara pemasangan jembatan rangka, yaitu :
1. Kondisi sungai dimana akan dibangun jembatan, data yang harus dikumpulkan yaitu lebar sungai, aliran sungai berarus deras, kedalam sungai, apakah sungai mengandung batu karang, berpasir, berlumpur dan sebagainya.
2. Akses jalan atau daerah menuju sekitar jembatan, lurus, rata, berkelok, miring, tingi, rendah, berada dalam galian, apakah diatas suatu tumbunan dan sebagainya.
3. Tenaga kerja, peralatan dan sumber-sumber setempat dalam daerah yang bersangkutan apah tersediah.
4. Akses untuk mencapai ke lokasi dimana akan dibangun jembatan untuk pengangkutan material, bahan dan peralatan, apakah ditempuh lewat darat, sungai atau udara.
Kriteria-kriteria sebagai bahan pertimbangan pemilihan metoda pemasangan jembatan rangka baja antara lain :
1.Metoda Pemasangan Perancah Penuh
Sistem Perancah Penuh sesuai dengan kondisi sungai sebagai berikut:
a. Mempunyai dasar berpasir atau terdiri dari lempung, hal ini akan memudahkan pemasangan alat penyangga.
b. Dangkal, keadaan ini akan membatasi ukuran tinggi bahan penyangga itu sendiri.
c. Struktur bagian bawah jembatan itu tidak terlalu tinggi diatas air yang tinggi, hal ini akan membatasi ukuran tinggi dari bahan penyangga itu sampai seminimal mungkin.
d. Mempunyai arus deras, hal ini akan mengurangi gaya-gaya mendatar terhadap penyangga tersebut.
e. Bebas dari benda-benda hayutan, hal ini akan menjaga kemungkinan perancah tidak rusak dan ambruk.
2.Metoda Pemasangan Cantilever
Sistem Perancah Penuh sesuai dengan kondisi sungai sebagai berikut:
a. Mempunyai dasar lumpur yang dalam, diperlukan bahan-bahan yang panjang (tinggi) serta kemungkinan amblas
b. Dasar sungai yang mempunyai bongkahan batu yang besar-besar.
c. Mempunyai arus deras, bahan-bahan penyangga harus dapat menahan gaya yang besar yang dapat menyebabkan penyangga roboh.
d. Jembatan berada pada sungai-sungai yang sempit tetapi dalam, sehingga diperlukan penyangga yang tinggi.
3. Metoda Pemasangan Semi Cantilever
Metoda Semi cantilever memerlukan syarat dengan kondisi sungai gabungan metoda 1 dan 2.
4. Metoda Pemasangan Peluncuran ( Launching System)
Metoda dengan peluncuran penuh tidak memerlukan kondisi sungai yang mempunyai syarat seperti pada metoda Perancah dan Cantilever, tetapi dalam pelaksanaannya metoda ini memerlukan area atau lokasi jalan yang lurus dan panjang karena jembatan rangka tersebut harus dirakit didaratan, baik rangka permanen maupun rangka sebagai pemberat ( Counter Weigh ) yang kemudian ditarik atau didorong menyebrang sungai pada as jalan yang telah ditentukan. Sistem ini boleh dikatakan tidak digunakan dikarenakan dari segi biaya terlalu mahal dimana diperlukan suatu landasan beriupa jalur rel yang dibuat dari beton serta perlunya pemadatan tanah untuk pondasi landasan tersebut.
1.Metoda Pemasangan Perancah Penuh
Sistem Perancah Penuh sesuai dengan kondisi sungai sebagai berikut:
a. Mempunyai dasar berpasir atau terdiri dari lempung, hal ini akan memudahkan pemasangan alat penyangga.
b. Dangkal, keadaan ini akan membatasi ukuran tinggi bahan penyangga itu sendiri.
c. Struktur bagian bawah jembatan itu tidak terlalu tinggi diatas air yang tinggi, hal ini akan membatasi ukuran tinggi dari bahan penyangga itu sampai seminimal mungkin.
d. Mempunyai arus deras, hal ini akan mengurangi gaya-gaya mendatar terhadap penyangga tersebut.
e. Bebas dari benda-benda hayutan, hal ini akan menjaga kemungkinan perancah tidak rusak dan ambruk.
2.Metoda Pemasangan Cantilever
Sistem Perancah Penuh sesuai dengan kondisi sungai sebagai berikut:
a. Mempunyai dasar lumpur yang dalam, diperlukan bahan-bahan yang panjang (tinggi) serta kemungkinan amblas
b. Dasar sungai yang mempunyai bongkahan batu yang besar-besar.
c. Mempunyai arus deras, bahan-bahan penyangga harus dapat menahan gaya yang besar yang dapat menyebabkan penyangga roboh.
d. Jembatan berada pada sungai-sungai yang sempit tetapi dalam, sehingga diperlukan penyangga yang tinggi.
3. Metoda Pemasangan Semi Cantilever
Metoda Semi cantilever memerlukan syarat dengan kondisi sungai gabungan metoda 1 dan 2.
4. Metoda Pemasangan Peluncuran ( Launching System)
Metoda dengan peluncuran penuh tidak memerlukan kondisi sungai yang mempunyai syarat seperti pada metoda Perancah dan Cantilever, tetapi dalam pelaksanaannya metoda ini memerlukan area atau lokasi jalan yang lurus dan panjang karena jembatan rangka tersebut harus dirakit didaratan, baik rangka permanen maupun rangka sebagai pemberat ( Counter Weigh ) yang kemudian ditarik atau didorong menyebrang sungai pada as jalan yang telah ditentukan. Sistem ini boleh dikatakan tidak digunakan dikarenakan dari segi biaya terlalu mahal dimana diperlukan suatu landasan beriupa jalur rel yang dibuat dari beton serta perlunya pemadatan tanah untuk pondasi landasan tersebut.
Demikianlah penjelasan mengenai metoda pemasangan jembatan rangka. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kita semua.
No comments:
Post a Comment