Lapis Resap Pengikat atau Prime Coat merupakan lapis tipis aspal cair dan diletakkan pada permukaan lapis pondasi bawah dan lapis pondasi atas yang belum beraspal serta lapis tanah dasar yang telah selesai dikerjakan.
Lapis Pengikat atau Tack Coat adalah lapisan tipis aspal cair yang digunakan pada permukaan lapisan perkerasan jalan yang sudah beraspal.
Bagi teman-teman yang bekerja di kontraktor jalan atau konsultan pengawas ( Konsultan supervisi )jalan tentu tidak asing lagi dengan istilah “ Prime Coat “ dan “ Tack Coat “.
Saya akan menjelaskan tentang prime coat dan tack coat walaupun tidak terlalu panjang atau luas. Diatas telah saya jelaskan pengertian dari prime coat dan tack coat.
Intinya seperti ini : kalau Prime coat digunakan pada permukaan jalan yang belum beraspal sedangkan Tack coat digunakan pada permukaan jalan yang sudah beraspal.
Jadi penggunaan prime coat dan tack coat dilapangan seperti itu.
Untuk bahan Lapis resap Pengikat (Prime coat ) dan Lapis Pengikat (Tack coat ) dipergunakan aspal cair dan aspal emulsi. Pemakaian aspal cair dan aspal emulsi pada Lapis Resap Pengikat ( Prime Coat ) dan Lapis Pengikat (tack coat) sebagai berikut:
I. ASPAL RESAP PENGIKAT ( PRIME COAT )
# Aspal Cair Jenis:
1. MC – 30 dengan temperatur penyemprotan 51 º - 68 º c
2. MC – 70 dengan temperatur penyemprotan 74 º – 87 º c
3. Mc – 250 dengan temperatur penyemprotan 98 º – 110 º c
# Aspal Emulsi Jenis :
1.CMS atau MS dengan temperatur penyemprotan 18 º – 71º c
Lapis Pengikat atau Tack Coat adalah lapisan tipis aspal cair yang digunakan pada permukaan lapisan perkerasan jalan yang sudah beraspal.
Bagi teman-teman yang bekerja di kontraktor jalan atau konsultan pengawas ( Konsultan supervisi )jalan tentu tidak asing lagi dengan istilah “ Prime Coat “ dan “ Tack Coat “.
Saya akan menjelaskan tentang prime coat dan tack coat walaupun tidak terlalu panjang atau luas. Diatas telah saya jelaskan pengertian dari prime coat dan tack coat.
Intinya seperti ini : kalau Prime coat digunakan pada permukaan jalan yang belum beraspal sedangkan Tack coat digunakan pada permukaan jalan yang sudah beraspal.
Jadi penggunaan prime coat dan tack coat dilapangan seperti itu.
Untuk bahan Lapis resap Pengikat (Prime coat ) dan Lapis Pengikat (Tack coat ) dipergunakan aspal cair dan aspal emulsi. Pemakaian aspal cair dan aspal emulsi pada Lapis Resap Pengikat ( Prime Coat ) dan Lapis Pengikat (tack coat) sebagai berikut:
I. ASPAL RESAP PENGIKAT ( PRIME COAT )
# Aspal Cair Jenis:
1. MC – 30 dengan temperatur penyemprotan 51 º - 68 º c
2. MC – 70 dengan temperatur penyemprotan 74 º – 87 º c
3. Mc – 250 dengan temperatur penyemprotan 98 º – 110 º c
# Aspal Emulsi Jenis :
1.CMS atau MS dengan temperatur penyemprotan 18 º – 71º c
Gambar 1. Penyemptotan Aspal Prime coat
II. ASPAL PENGIKAT ( TACK COAT )
# Aspal Cair jenis :
1. RC – 70 dengan temperatur penyemprotan 74 º – 87 º c
2. RC – 250 dengan temperatur penyemprotan 98 º – 110 º c
# Aspal Emulsi jenis :
1. CRS atau RS dengan temperatur penyemprotan 24 º – 54º c
# Aspal Cair jenis :
1. RC – 70 dengan temperatur penyemprotan 74 º – 87 º c
2. RC – 250 dengan temperatur penyemprotan 98 º – 110 º c
# Aspal Emulsi jenis :
1. CRS atau RS dengan temperatur penyemprotan 24 º – 54º c
Gambar 2. Penyemprotan Aspal Tack Coat
Sebelum Pelaksanaan pelapisan aspal dilaksanakan dilapangan , permukaan jalan baik permukaan lapis tanah dasar, lapis pondasi bawah atau lapis pondasi atas harus terlebih dahulu dibersikan dari debu, kotaran bahan organik dan non organik.
Penyemprotan aspal prime coat dan tack coat dilakukan dengan mesin penyemprot aspal yang dapat mengukur penyemprotan aspal permeter persegi serta dapat mengatur temperatur aspal.
Sebelum Lapis Resap Pengikat ( Prime Coat ) menyerap masuk kedalam permukaan yang akan dilapisi, maka jalan tersebut belum boleh dibuka untuk lalu lintas. Apabila jalan akan digunakan untuk lalu lintas, paling sedikit sesudah 4 jam terhitung dari saat penyemprotan aspal dan sudah dihamapr dengan bahan penutup maka baru bisa lalu lintas diijinkan untuk melewatinya.
Untuk lapis pengikat ( tack coat ) sebelum mencapai kondisi lekatan yang memadai, lapis perkerasan diatasnya tidak boleh dihampar. Lapis perekat (tack coat) hanya dipergunakan untuk memberikan lekatan pada lapisan perkerasan berikutnya. Selama lapis perekat (tack coat) belum ditutup dengan lapis perkerasan baru, maka permukaan jalan yang telah disemprot dengan lapis pengikat tidak boleh dilalui lalu lintas serta melindungi dari kerusakan yang mungkin terjadi.
Demikianlah penjelasan tentang Lapis Resap Pengikat ( Prime Coat ) dan lapis Pengikat (Tack Coat) semoga dapat bermanfaat.
No comments:
Post a Comment