Metode Pelaksanaan Pekerjaan Galian Trimming

Saluran irigasi merupakan bagian dari bendung yang mana berfungsi untuk menyalurkan air dari bendung ke petak-petak sawah yang akan dialiri. Lokasi pekerjaan pembangunan saluran irigasi sangat luas dan biasanya panjang saluran irigasi bisa mencapai puluhan kilometer.

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Galian Trimming



Oleh karena itu dalam pekerjaan pembangunan saluran irigasi akan terjadi masalah sosial di sekitar lokasi pembangunan. Pekerjaan pembangunan saluran irigasi yang paling dominan yaitu pekerjaan tanah antara lain pekerjaan galian, pekerjaan timbunan dan pekerjaan konstruksi biasanya pekerjaan pembuatan Drain Culvert dan Road Culvert. Sebelum memulai pekerjaan apakah itu pekerjaan tanah, pekerjaan beton, dan pekerjaan lainnya maka Penyediah Jasa ( Kontraktor ) di haruskan untuk membuat Metode Pelaksanaan Pekerjaan. 

Pada kesempatan ini Saya akan menjelaskan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Galian Trimming pada pekerjaan saluran irigasi. 
A. Metode Pelaksanaan Pekerjaan
B. Bagian Alur Pelaksanaan Pekerjaan
C. Gambar Pelaksanaan Pekerjaan Galian Trimming

Penjelasan dari Pelaksanaan Pekerjaan Galian Tanah ( Trimming ) sebagai berikut :

A.Metode Pelaksanaan  Pekerjaan Galian Trimming

Tahap – tahap pelaksanaan metode pekerjaan galian Trimming pada saluran irigasi sebagai berikut :
1. Mengidentifikasi bahaya dan resiko yang bisa timbul di lokasi kerja dan menempatkan ahli K3 di lapangan.
2. Membuat rambu-rambu tanda bahaya dan jalur arah evakuasi bila terjadi hal – hal yang tidak  di inginkan di lokasi kerja.
3. Menyiapkan gambar kerja yang telah disetujui oleh Direksi dan peralatan kerja  ( alat Waterpas  Rambu ) serta peralatan berat yaitu alat Excavator. 

Baca juga : 
4. Melaksanakan pemasangan patok elevasi di saluran irigasi dan sumbu ke sumbu, selanjutnya  dilakukan pekerjaan pembersihan lokasi kerja yang dapat mengganggu pekerjaan galian tanah.
5. Selanjutnya dilakukan pengukuran dengan alat waterpass serta pemasangan patok atau setting out per 50 meter atau sesuai dengan gambar kerja.
6. Pekerjaan galian dengan alat excavator dalam membentuk saluran dengan kemiringan dan dimensi sesuai dengan gambar kerja.
7. Dilakukan pengukuran ulang dengan alat Waterpass, atau pengecekan kembali elevasi saluran yangtelah dikerjakan menggunakan alat excavator.
8. Hasil dari pekerjaan galian ( Trimming ) kemudian di buang di sisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan saluran, kemudian dirapikan hasil galian sesuai dengan elevasi dan kemiringan yang               dianjurkan.
9. Pemadatan hasil galian Trimming di kiri dan kanan saluran dilakukan dengan alat vibro roller.


B.Bagian Alur Pelaksanaan Pekerjaan

Item Pekerjaan : Pekerjaan Galian ( Trimming )

Bagian Alur Pelaksanaan Pekerjaan Galian Trimming



C.Gambar Pelaksanaan Pekerjaan Galian Trimming


Gambar pelaksanaan pekerjaan galian trimming




Gambar pelaksanaan pekerjaan galian trimming



Demikianlah penjelasan tentang Metode Pelaksanaan Pekerjaan Galian Trimming. Semoga bermanfaat. Trimah kasih.

Related Posts

No comments:

Post a Comment